Puasa Tak Bikin Kita Kurang Gizi

Banyak orang mengira bahwa lapar dan haus adalah pertanda tubuh membutuhkan asupan makanan. Namun, lapar dan haus tak harus diasumsikan bahwa tubuh membutuhkan makanan dan minuman untuk menunjang kebutuhan energi.

Kita sebagai manusia memiliki cadangan energi yang terdapat pada hati, otot, lemak di bawah kulit dan lainnya. Ini merupakan energi yang bisa dikeluarkan misalnya saat kita sedang bekerja dan berolahraga kala sedang berpuasa.

Banyak hal positif yang didapat saat kita sedang menjalankan puasa. Apakah itu? Diantaranya adalah membakar timbunan lemak yang berada di dalam tubuh menjadi energi yang dibutuhkan. Selain itu, puasa sangat berguna bagi sistem pencernaan. Karena dengan berpuasa, sistem pencernaan kita dapat istirahat dengan baik selama beberapa jam kita berpuasa.

Banyak kalangan ahli kesehatan yang menyatakan bahwa berpuasa tak akan membuat kita kekurangan gizi. Karena, sebenarnya puasa itu hanya merupakan pergantian jadwal kita untuk makan. Biasanya kita makan pagi, siang dan malam, berganti menjadi makan sore, makan malam dan makan sahur atau subuh, jadi sama saja.

Karenanya, puasa tidaklah harus membuat kesehatan tubuh kita menjadi terganggu. Harusnya, tubuh kita akan menjadi semakin sehat. Tapi, tentu saja kita harus mengatur dengan baik menu makanan yang kita santap saat sahur dan juga berbuka. Jangan mentang-mentang merasa lapar, lalu kita menyantap makanan dengan membabi buta. Ini tentulah tak baik bagi kesehatan.

Kita memerlukan pengaturan makanan yang baik saat berbuka dan sahur, jangan hanya sekedar menyantap makanan saja. Saat puasa, biasanya kadar gula dalam darah kita rendah. Energi dalam tubuh jadi berkurang disebabkan berkurangnya asupan gula yang menjadi sumber energi tubuh.

Itulah sebabnya, saat berbuka, kita dianjurkan mengonsumsi makanan yang miliki kadar gula tinggi alias makan yang manis-manis. Namun, jangan dikonsumsi berlebihan, karena tak juga baik bagi kesehatan. Apapun yang namanya berlebihan, tentulah tidak baik. Jadi, kita harus bijaksana dalam mengkonsumsi makanan saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Tinggalkan komentar